Kelebihan Dan Kekurangan Work From Home

https://www.folarium.co.id/kelebihan-dan-kekurangan-work-from-home

Kebijakan untuk melakukan aktivitas bekerja di rumah ternyata menuai pro dan kontra dari masyarakat selama tiga bulan terakhir karena berdampak pada operasional bisnis hampir seluruh perusahaan. Konsep work from home sebenarnya memungkinkan karyawan untuk bekerja dengan jam yang fleksibel dan tidak terlalu terikat dengan peraturan. Apa saja keuntungan penerapan work from home yang lain?

  • Work-Life Balance

    Adanya kebijakan work from home membuat karyawan mulai untuk memperbaiki keseimbangan antara dunia kerja dan kehidupan pribadi.Keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan ini bisa tercapai saat dirinya memiliki produktifitas kerja yang baik sehingga bisa mengalokasikan waktu sesuai dengan porsinya masing-masing. Selama karyawan dapat berkomitmen dan bertanggung jawab dengan deadline pekerjaan, work from home tidak akan menghancurkan perencanaan setiap karyawan perusahaan.

  • Mengurangi Stres Mobilisasi

    Bagi karyawan yang terbiasa mendapati rutinitas harian, seperti menghadapi kemacetan saat berangkat dan pulang kerja, serta kesibukan di pagi hari antara keluarga dan waktu untuk berangkat kerja sering kali membuat kelelahan dan mengurangi mood untuk bekerja. Penerapan work from home dapat mengurangi kegiatan yang selalu diburu waktu di pagi hari. Pekerja dapat menikmati pagi yang tenang tanpa harus takut telat atau merasa stres di tengah jalan.

 

Pentingnya Software ERP Di Revolusi Industri 4.0

 

Selain beberapa keuntungan yang didapatkan melalui pemberlakuan work from home, ternyata juga memiliki beberapa kekurangan dari peraturan ini, berikut penjelasannya!

  • Gangguan yang tak terduga

    Terdapat kemungkinan peningkatan jumlah gangguan yang dihadapi di rumah. Faktor-faktor seperti tetangga yang berisik, ajakan anak untuk bermain, keluarga yang meminta bantuan, dan teman yang ingin mengajak berbagi cerita saat kondisi jam kerja berlangsung, ini menyebabkan tingkat produktivitas dan konsentrasi individu semakin berkurang.

  • Miskomunikasi dengan rekan kerja dan atasan

    Bagi perusahaan yang menerapkan sistem work from home perlu mewajibkan untuk selalu online dan mudah dihubungi pada seluruh karyawan, sehingga saat ada diskusi atau koordinasi tidak ketinggalan informasi dan juga kemungkinan perubahan deadline secara mendadak.

 

Cara Efektif Work From Home Agar Tetap Produktif

 

Pada era digital ini sesungguhnya dapat memudahkan pekerjaan setiap orang karena siapapun berinteraksi melalui media teknologi. Lalu bagaimana penerapan di dalam perusahaan? Fosist (Folarium System) merupakan aplikasi yang dirancang oleh perusahaan PT Folarium Innotek Indonesia untuk membantu perusahaan-perusahaan yang sedang menerapkan sistem kerja fleksibel, namun masih dapat dipantau dari jarak jauh. Setiap karyawan masih memberlakukan social distancing, tetapi masih dapat bekerja secara efektif dan perusahaan dapat lebih efisiensi dalam menjalankan operasional bisnis.

 

Mengatasi Kejenuhan Saat Melakukan Work From Home

 

Tags/Label :
kelebihan work from home, kekurang work from home, penerapan work from home

Scroll to Top