Seberapa Penting Peran Konsultan ERP ?

https://www.folarium.co.id/seberapa-penting-peran-konsultan-erp

Saat anda akan melakukan implementasi ERP, banyak persiapan yang harus dilakukan agar dalam pelaksanaan tidak terjadi kendala dan overbudget. Implementasi ERP sangat rentan dengan kegagalan dan overbudget, oleh karena itu pastikan persiapan perusahaan anda.

Implementasi ERP sama saja saat anda ingin membangun sebuah gedung berlantai yang dimana perlu kontraktor dan konsultan. Agar kontraktor dapat membangun sesuai dengan ekspetasi anda maka perancanaan arsitektur harus jelas terlebih dahulu. Maka dari itu diperlukan konsultan ERP yang berperan dalam membantu perusahaan untuk merealisasi tujuannya.

Mengapa Harus Menggunakan Konsultan ERP ?

  1. Keahlian

    Perpaduan yang tepat antara pengetahuan bisnis, keahlian industri, dan keterampilan orang terbukti sangat penting untuk keberhasilan proyek Anda.

  2. Memihak

    Jika konsultan Anda bekerja untuk perusahaan independen, mereka akan membantu Anda memilih vendor berdasarkan kebutuhan Anda dan bukan karena mereka bermitra dengan vendor ERP tertentu.

  3. Manajemen Resiko

    Aktivitas penting untuk konsultan Anda adalah membantu Anda menemukan bagaimana Anda dapat bekerja lebih baik dengan kemampuan solusi Anda saat ini. Anda akan memahami dampak penerapan pada organisasi Anda.

  4. Ekspetasi Jelas

    Konsultan tidak bekerja dalam organisasi Anda, dan oleh karena itu tidak terpengaruh olehnya. Jika Anda memberi mereka masalah, solusi mereka didasarkan pada informasi yang Anda berikan kepada mereka dan bukan prasangka pribadi.

3 Langkah Minimalisir Kegagalan Implementasi ERP

Jenis Konsultan ERP

  1. Konsultan Perencanaan

    Perencanaan di awal proyek yang matang dan dilakukan secara profesional akan menghasilkan sebuah pedoman & rencana implementasi ERP yang baik dan efisien, yang nantinya akan turut menentukan kesuksesan sebuah proyek. Adapun tugas dan wewenangnya, antara lain:

    • Membuat perencanaan secara lengkap yang terdiri dari Kerangka Acuan Kerja dan   syarat-syarat,  rencana  anggaran biaya.
    • Memberikan usulan serta pertimbangan kepada pengguna jasa dan pihak developer tentang pelaksanaan pekerjaan.
    • Memberikan jawaban dan penjelasan kepada developer tentang hal-hal yang kurang jelas dalam kerangka acuan kerja dan syarat-syarat.
    • Membuat revisi bila terjadi perubahan perencanaan.
    • Menghadiri rapat koordinasi pengelolaan proyek.
  2. Konsultan Supervisi / Pengawasan

    Dalam mengawasi implementasi ERP, tentunya dibutuhkan sumber daya manusia yang ahli di bidangnya masing-masing seperti rekaya proses bisnis, integrase data, enterprise system dan lain-lain sehingga implementasi ERP dapat dilaksanakan dengan baik dalam waktu cepat dan efisien sesuai dengan perencanaan awal. Adapun tugas dan wewenangnya, antara lain:

    • Mengadakan pengawasan dan membimbing pelaksanaan pekerjaan.
    • Melakukan Perhitungan kemajuan/prestasi pekerjaan yang dilakukan oleh developer.
    • Mengkoordinasikan dan mengendalikan proses implementasi serta aliran informasi antara berbagai bidang agar implementasi berjalan dengan lancar.
    • Menghindari kesalahan yang mungkin terjadi sedini mungkin serta menghindari terjadinya pembengkakan biaya.
    • Mengatasi dan memecahkan persoalan yang timbul di lapangan agar dicapai hasil akhir sesuai dengan kualitas, tujuan, biaya serta waktu pelaksanaan yang sudah ditetapkan
    • Menerima atau menolak SDM yang digunakan oleh developer.
    • Menghentikan sementara bila terjadi penyimpangan dari persyaratan yang sudah ditetapkan.
    • Menyiapkan dan menghitung kemungkinan terjadinya pekerjaan tambah kurang.

Kekurangan Software ERP Beli Putus Dan ERP Sewa

Untuk keberhasilan implementasi ERP, seluruh pihak baik konsultan perencana, konsultan pengawas maupun developer haruslah menjalankan pekerjaannya sesuai dengan tugasnya masing-masing dengan baik. Selain itu, perencanaan pelaksanaan yang efektif merupakan kunci sebuah keberhasilan Implementasi ERP di perusahaan

Tags/Label :
konsultan erp, erp indonesia, konsultan perencanaan, konsultan supervisi, implementasi erp

Scroll to Top