Pentingnya Software ERP Di Revolusi Industri 4.0

https://www.folarium.co.id/pentingnya-software-erp-di-revolusi-industri-40

Pentingnya Software ERP di Revolusi Industri 4.0

Di era serba digital seperti saat ini setiap industri wajib berinovasi untuk mengembangkan pertumbuhan bisnis di dalam sektor industri. Enterprise Resource Planning (ERP) adalah serangkaian aplikasi untuk memudahkan industri dalam mengusahakan proses bisnis yang lebih efisien untuk berbagi informasi pada perusahaan anda. Pada umumnya setiap industri menghadapi tantangan yang sama yaitu memberikan produk-produk berkualitas baik dengan layanan yang unggul dan biaya yang minimal untuk memaksimalkan keuntungan pada waktu yang sama dalam mengatasi kompleksitas di dalam dunia bisnis global.

 

Bagaimanakah Peran ERP di Revolusi Industri 4.0 ?

Pada organisasi atau perusahaan yang tidak menerapkan sistem ERP, umumnya menggunakan sistem database yang terpisah. Di mana setiap unit kerja memiliki database tersendiri, seperti pemasaran yang memiliki database pemasaran, sumber daya manusia atau HRD dengan database HRD tersendiri, purchashing memiliki database pembeliannya tersendiri, dan bagian finance (keuangan) memiliki database keuangan tersendiri. Sistem terpisah demikian memiliki database yang berbeda dan sering terjadi ketidaksesuaian sehingga sulit untuk pengelolaannya.

ERP (Enterprise Resource Planning) ini dikembangkan untuk menggantikan sistem-sistem yang terpisah tersebut menjadi terintegrasi sehingga pengelolaannya lebih efektif dan efisien.

Selain menyediakan perencanaan yang lebih baik, sistem ERP juga dapat meningkatkan efisiensi pada aktivitas rutin harian seperti pemesanan, pengiriman, kinerja pemasok, manajemen kualitas, manajemen kas, dan realisasi penjualan. Dengan adanya sistem ERP, siklus waktu penjualan ke kas dan pembayaran ke pemasok pun dapat dipersingkat.

ERP dapat memungkinkan akses total ke setiap proses penting dalam bisnis dengan membuat data dari setiap departemen  untuk mudah diakses oleh pihak industri. Sistem ERP secara modular dapat menangani proses manufaktur, logistik, distribusi persediaan (inventori), pengapalan, invoice dan akunting perusahaan. Ini berarti bahwa sistem ERP dapat membantu mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas dan sumber daya manusia dan dapat memungkinkan manajer untuk mengontrol seluruh bisnis dan mempercepat pengambilan keputusan.

 

Sumber Referensi :


  • https://www.jurnal.id/id/blog/
  • http://dinus.ac.id/

Tags/Label :
peran software erp di perusahaan, manfaat software erp di revolusi industri 4.0, erp terbaik untuk perusahaan, software erp indonesia, kelebihan erp, perusahaan erp terbaik, perusahaan software custom

Scroll to Top