5 Trend Marketing 2022 Untuk Peningkatan Pemasaran Bisnis Anda
14 Jan 2022 09:17 640 Share
Marketing adalah subjek yang terus berkembang. Setiap tahun ada tren penting yang berubah dan salah satu tren tersebut dapat berdampak pada industri atau bisnis Anda. Dunia kini menjadi serba digital sehingga sangat penting bagi semua pemasar untuk mengejar ketinggalan dengan dunia digital. Berikut trend marketing 2022 yang bisa Anda sesuaikan untuk pemasaran bisnis Anda.
1. Artificial Intelligence
Artificial Intelligence (AI) adalah program kecerdasan buatan yang dapat memprediksi perilaku dan pola aktivitas konsumen. Pada tahun 2020 saja, AI digunakan di sebagian besar produk dan layanan perangkat lunak di pasar. Chatbot adalah contoh teknologi berbasis AI.
Contoh teknologi lain yang mengandalkan AI adalah pengenalan suara dan pembuatan konten otomatis. Salah satu fitur pengenalan suara yang paling populer adalah Google Voice Search.
2. Chatbot
Chatbot adalah program berbasis kecerdasan buatan (AI) yang digunakan untuk memungkinkan obrolan langsung dengan konsumen. Program ini dirancang untuk menjawab pertanyaan seperti orang normal seperti yang populer: “Alexa, play Maroon 5’s song”.
Teknologi Chatbot memiliki potensi pengembangan yang besar. Setiap tahun, survei memprediksi bahwa interaksi bisnis dengan konsumen terjadi tanpa keterlibatan manusia semakin tinggi. Dengan kata lain, itu akan mengubah cara bisnis menyediakan layanan pelanggan.
3. Video
Pemasaran menggunakan video merupakan salah satu trend marketing 2022 yang utama. Ini karena konsumsi video di perangkat seluler meningkat sekitar 100% setiap tahun. Faktanya, pada tahun 2020, 85% bisnis menggunakan video sebagai alat pemasaran.
Umumnya, platform yang kita bicarakan untuk pemasaran video adalah YouTube. Namun, Anda juga bisa melakukan pemasaran video di platform lain seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Selain itu, statistik menunjukkan bahwa 96% konsumen membuat keputusan pembelian menggunakan video.
4. Story Media Sosial
Saat ini, ada banyak media sosial dengan fitur story. Dimulai dari Snapchat, Instagram, Facebook, hingga WhatsApp. Kepopuleran story ini disebabkan oleh kemampuan untuk berbagi cerita dengan banyak fitur lainnya. Contohnya seperti Anda bisa menggunakan tagar dan tag lokasi, melakukan voting, membuat kuis, dan mengarahkan pengunjung ke situs web Anda.
Story adalah salah satu alat pemasaran yang perlu Anda gunakan di tahun 2022. Banyak brand juga menggunakannya sebagai alat pemasaran.
5. Personalisasi
Audiens saat ini sangat antusias dengan konten yang dipersonalisasi. Baik itu promosi email sederhana atau program yang dirancang khusus setelah melacak aktivitas Anda sebelumnya di suatu situs yang berhubungan.
Contohnya adalah rekomendasi film yang Anda dapatkan merupakan personalisasi dari film-film yang Anda tonton di Netflix. Contoh lain, misalnya aplikasi seluler Starbucks yang dipersonalisasi dan bisa melacak frekuensi kunjungan Anda sehingga akan menampilkan penawaran sesuai interaksi Anda dengan aplikasi tersebut.
Itulah beberapa trend marketing 2022 yang bisa Anda pilih maupun kolaborasi agar pemasaran bisnis Anda meningkat. Jangan lupa untuk terus mengamati perkembangan karena era digital ini membuat Anda harus selalu up to date.