Benefit Implementasi ERP Dalam Sektor Bank Dan Finansial
Benefit Implementasi ERP Dalam Sektor Bank Dan Finansial

11 Des 2023 08:29 503 Share

Di zaman yang menuntut dan bergerak cepat, banyak pebisnis menggunakan teknologi untuk mengembangkan dan memajukan bisnis. Salah satu solusi teknologi yang tersedia untuk perusahaan adalah ERP. Sebagai industri yang banyak berada di dunia bisnis, Anda bisa mengimplementasikan ERP di perbankan dan sektor keuangan lainnya yang membutuhkan ketelitian tinggi. Berikut manfaat yang dihadirkan software ERP.

Baca juga: Implementasi ERP dalam Pencegahan Fraud di Perusahaan
  • Tingginya Akurasi

Keuntungan pertama penerapan ERP untuk sektor perbankan dan finansial adalah peningkatan akurasi. ERP meningkatkan akurasi nilai default dalam skema dasar yang digunakan di hampir setiap proses transaksi keuangan. Sistem ERP memungkinkan Anda untuk menentukan beberapa metode kerja yang akan digunakan, tergantung pada jenis atau kebijakan perusahaan. 

Penyesuaian tersebut tidak mengurangi akurasi dari perhitungan sistem. Dengan peningkatan akurasi, semua transaksi dalam organisasi Anda dapat dijalankan secara optimal dan sesuai  harapan. Bahkan berdampak langsung dan signifikan terhadap pergerakan dan perubahan posisi keuangan suatu perusahaan.

  • Menjamin Keamanan Data

Benefit penting ini dapat Anda peroleh dari implementasi ERP. Sistem ERP menekan risiko kebocoran, kehilangan, dan kesalahan pengolahan data. Dengan bantuan ERP, setiap akses data akan dimonitor dan bisa diamati oleh manajer maupun pihak yang ditunjuk perusahaan.

Tingkat keamanan akan jauh lebih tinggi dibandingkan metode konvensional tanpa ERP. Apalagi data dalam perbankan dan industri finansial seringkali sangat banyak dan vital. Selain menjaga data, sistem ERP akan mendeteksi segala macam tindak mencurigakan dan aktivitas tak berizin dalam program.

  • Meningkatkan Efisiensi

Salah satu manfaat paling signifikan dari implementasi ERP di industri perbankan adalah meningkatkan efisiensi semua proses perbankan dengan mengintegrasikan aktivitas ke dalam satu platform. Anda akan mendapatkan akses cepat dan mudah ke semua data yang diperlukan di seluruh cabang bank atau bahkan semua departemen. 

Setiap tugas harian lainnya seperti data entry atau membuat laporan baru sudah di otomatisasi dengan sistem ERP. Selain itu, ERP cenderung menghilangkan kebutuhan akan proses kerja yang berulang. Ketelitian akan meningkat dan menjadi salah satu kunci berkembangnya industri bank maupun bidang finansial.

  • Meningkatkan Transparansi

ERP meningkatkan transparansi keuangan baik dari laporan, arus keuangan, dan pendataan. Kurangnya transparansi keuangan dalam bisnis mengarah pada fakta bahwa perusahaan menderita kerugian dan kurang berkembang. Modul ERP khususnya pada akuntansi membantu Anda mengontrol perbendaharaan perusahaan dengan lebih terbuka.

Akses sistem mungkin bisa diperoleh siapa saja dalam departemen, namun setiap aktivitas akan memiliki riwayat. Selain itu, transparansi yang baik akan menghindari perusahaan dari fraud yang menyebabkan kerugian.

  • Seluruh Aspek Kerja Terintegrasi

Keuntungan penerapan ERP selanjutnya untuk sektor perbankan dan finansial adalah lebih terintegrasi. Sistem ERP terdiri dari beberapa modul dan submodul yang mewakili berbagai komponen perusahaan tertentu. Kesulitan dalam mengakses data adalah tantangan tertentu.

Karena hal tersebut mempengaruhi pengambilan keputusan, terutama ketika data yang dibutuhkan sangat penting. Akses data dapat menjadi sulit jika sistem tidak rapi dan mudah diakses tanpa monitoring yang ketat. Aksesibilitas sangat penting karena Anda tidak selalu standby di kantor.

Pemilihan vendor ERP untuk industri tersebut harus sangat cermat. Anda harus memilih sistem yang benar-benar aman, berpengalaman, dan memiliki fitur beragam. Folarium memberikan beragam kenyamanan bagi penggunanya, serta menjamin maintenance sistem dengan maksimal agar ERP tetap up to date. Keamanan data dan produktivitas bisnis akan meningkat seiring dengan implementasi ERP yang tepat dari Folarium.

Whatsapp Folarium
Page loaded in 2.71297 seconds