Simak Kelebihan Dan Kelemahan ERP Dalam Menunjang Bisnis
Simak Kelebihan Dan Kelemahan ERP Dalam Menunjang Bisnis

25 Sept 2023 08:16 497 Share

Perangkat lunak ERP adalah jenis perangkat lunak yang membantu perusahaan melakukan kegiatan operasional dengan sistem terintegrasi dan memudahkan perkembangan bisnis. Namun, saat ini kesadaran menggunakan perangkat lunak ERP di lingkungan bisnis masih rendah. Bahkan keberadaan sistem ERP masih tidak diketahui oleh beberapa perusahaan. Berikut ini pembahasan kelebihan dan kelemahan ERP agar Anda memahami ERP dengan lebih baik.

Baca juga: Rekomendasi Modul ERP Sesuai Industri Bisnis

Kelebihan ERP

Perangkat lunak ERP memberikan beberapa kemudahan untuk bisnis Anda, diantaranya adalah:

  • Integrasi Data 

Di pergantian era menuju serba digital seperti sekarang ini, data adalah kunci utama berjalannya bisnis. Keuntungan utama implementasi ERP adalah perusahaan bisa mendapatkan semua data yang dibutuhkan dalam satu perangkat lunak. Sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih akurat, pemantauan secara real time, serta kemudahan akses data.

  • Hemat Biaya Operasional

Operasional dan administrasi merupakan salah satu sumber pengeluaran terbesar perusahaan. Keduanya dapat dikelola dengan jelas melalui sistem ERP. Selain pengelolaan, laporan dan perencanaan bisa dilakukan menggunakan sistem ERP. Hal ini secara tidak langsung mengurangi biaya yang harus ditanggung perusahaan.

  • Menjadi Sumber Perumusan Keputusan

Manfaat penting lainnya adalah membantu perusahaan Anda membuat keputusan yang tepat. Di sini software ERP berperan seperti alat perencanaan dan dapat pula menjadi simulator. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menggunakan berbagai sumber daya secara efektif dan efisien. Selain itu, penyajian laporan keuangan lebih mudah, cepat, dan dapat diakses oleh berbagai pemangku kepentingan tanpa batas waktu.

  • Membentuk SOP yang Jelas

SOP dalam perusahaan akan berjalan dengan baik jika menggunakan sistem ERP. Hal ini dikarenakan sistem ERP dapat membentuk SOP dengan baik, sehingga membuat perusahaan lebih terstruktur. Ingatlah bahwa SOP atau standar operasional prosedur sangat erat kaitannya dengan berjalannya alur kerja. Jika SOP yang Anda buat tidak berkualitas, sumber daya manusia Anda juga akan terpengaruh. 

  • Meningkatkan Kolaborasi Tim

Kolaborasi antar tim internal harus dikuasai bisnis saat ini. Pasalnya, tanpa kolaborasi, ide cemerlang dengan pembaruan tidak akan lahir. Sistem ERP dapat membantu Anda mengintegrasikan berbagai departemen dengan mudah sehingga setiap tim dapat bekerja sama dengan baik.

Kelemahan ERP

Terdapat juga beberapa kelemahan dari sistem ERP, yaitu:

  • Biaya Awal Besar

Biaya yang dibutuhkan untuk awal implementasi ERP cukup mahal. Perusahaan perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan sematang mungkin dan tentunya menyesuaikan dengan anggaran perusahaan. Untuk jangka panjang, produktivitas software ini dapat menutupi biaya tenaga kerja karena ERP akan menggantikannya di masa depan.

  • Sistem yang Rumit

Karena perangkat lunak ERP ini dapat menjalankan semua aktivitas bisnis, pengoperasiannya dapat menjadi rumit. Oleh karena itu, ketika perusahaan ingin memilih perangkat lunak ERP, diskusikan terlebih dahulu dengan vendor. Folarium ERP adalah vendor yang dapat memahami kebutuhan perusahaan Anda dengan baik. Dengan rangkaian implementasi yang merinci, perundingan bisa dilakukan dengan detail sehingga kebutuhan perusahaan Anda terpenuhi.

  • Membutuhkan Adaptasi Karyawan

Dengan sistem yang harus diimplementasikan ke seluruh perusahaan, seluruh karyawan butuh beradaptasi dengan cepat. Kemampuan adaptasi karyawan sendiri berbeda-beda dan perusahaan harus menunggu seluruh karyawan siap. Hal ini tentunya menjadi kekurangan dalam penerapan sistem ERP ini, karena sistem ini mengharuskan pengguna untuk terbiasa dengan pengoperasian sistem.

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan ERP. ERP memang sangat penting untuk mendukung perusahaan dan bisnis Anda di masa depan. Namun, tentu saja perusahaan harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan segala aspek yang terkait. Bisnis dengan persiapan matang akan memaksimalkan keuntungan di masa depan.

Whatsapp Folarium
Page loaded in 2.59209 seconds